Rabu, 03 Oktober 2012

TEKNOLOGI INFORMASI PADA BANK SYARIAH 

Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat membawa dampak pada berbagai sendi kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah terhadap sistem pembayaran yang sudah mulai menggeser preferensi penggunaan uang kertas (uang tunai) kepada sistem pembayaran non-tunai.
Sistem pembayaran di Indonesia sejauh ini masih didominasi oleh transaksi uang kertas. Namun perlahan tapi pasti, jumlah pengguna uang elektronik di Indonesia meningkat tajam karena memberikan kepraktisan bagi penggunanya. Bank Indonesia juga mendorong perkembangan e-money ini untuk mewujudkan less cash society.
Perkembangan sistem pembayaran non-tunai di luar negeri yang semakin mengarah pada less cash society juga turut memberikan andil dalam perubahan perilaku gaya hidup dan transaksi ekonomi para pelaku ekonomi khususnya di beberapa kota besar di Indonesia. Perkembangan sistem pembayaran non-tunai ini, secara teoritis maupun secara empiris tidak terlepas dari perkembangan kegiatan perekonomian yang menghendaki efektivitas dan efisiensi yang tinggi serta kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Sehingga erat kaitannya antara terwujudnya less cash society dengan kecanggihan teknologi informasi.
Perkembangan teknologi informasi di perbankan membuat para perusahaan mengubah strategi bisnis dengan menempatkan teknologi sebagai unsur utama dalam proses inovasi produk dan jasa. Bentuk-bentuk baru dari pelayanan bank yang mengubah pelayanan transaksi manual menjadi pelayanan transaksi yang berdasarkan teknologi memicu adanya transaksi non-tunai atau less cash society contohnya electronic transaction (e-banking) melalui ATM, phone banking dan internet banking.
Beberapa tahun terakhir, masyarakat sudah mulai memanfatkan instrumen e-money (uang elektronik) untuk pembayaran yang bersifat mikro. Dalam suatu diskusi terungkap bahwa sistem pembayaran di Indonesia sejauh ini masih didominasi oleh transaksi uang kertas. Perlahan tapi pasti, jumlah pengguna uang elektronik di Indonesia meningkat tajam karena memberikan kepraktisan bagi penggunanya. Bank Indonesia juga mendorong perkembangan e-Money ini untuk mewujudkan less cash society.
Perkembangan teknologi informasi yang pesat memungkinkan munculnya berbagai instrumen pembayaran yang inovatif, aman, efisien dan mudah digunakan oleh masyarakat. Oleh karena itu, dipastikan bahwa semakin canggih dan pesatnya perkembangan teknologi, semakin cepat mendukung terbentuknya less cash society.
Penulisan kaya tulis ini memberikan pengetahuan yang komprehensif bagaimana kondisi teknologi informasi serta kesiapan Bank Syariah untuk mendukung less cash society agar mampu bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, dimana kemampuan teknologi informasi pada lembaga keuangan tersebut sudah sangat pesat dan tidak dapat diragukan lagi kecanggihannya.
sumber: http://festivalilmiah.uns.ac.id/2012/04/30/teknologi-informasi-pada-bank-syariah-untuk-mendukung-less-cash-society/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar